Selasa, 15 Februari 2011

Monitor merk VOTRE type 1790P mati berderik

Dapat servisan dari mas larno ngemplakseneng sebuah monitor merk VOTRE type 1790P. tergolong masih gress karena baru 6 bulan lalu dibeli kondisi baru.

kerusakan mati lampu power kedip2. tapi kadang2 bisa tampil tulisan “NO SIGNAL”. Saat kemudian bila dihubungkan dengan CPU tampilan langsung hilang. Terdengar suara cetak-cetek dari relay degaussing.

Dari penglihatan fisik tak ada hal yang mencurigakan, pengukuran tegangan juga menunjukan kondisi normal tetapi jelas terdengar suara derik/denging dari trafo SMPS. Saat beban dilepas pun masih bersuara/berderik.

Perburuan seputar blok power supply ditemukan sebuah R mepet ic driver, lokasi R624 33K kondisi melar menjadi 186K, setelah diganti jadi normal hilang suara derik.
















Tampilan normal kembali, tapi mau setting dari tombol depan tidak bisa, rupanya tombol2 telah rusak persis seperti pada tv china yang sering ngaco.

Setelah itu monitor di nyalakan “TEST RUN”. Menjelang 2 jam tiba2 tampilan berubah jadi putih sekali. Ada garis putih sangat terang pada sisi kanan layar. Rupanya VR subbrightness sudah molor nilainya 250k jadi 2.3 M.
















Alhamdulillah selesai.

Salam buat rekan2 semua.

14 komentar:

  1. He he he,...sukses kang Nugroho, itulah akibat persaingan harga yang semakin murah rupanya semakin membawa berkah....

    BalasHapus
  2. betul kang,....semakin banyak pasien jadinya..

    BalasHapus
  3. Informasi Tagihan Rekening listrik http://adf.ly/B6ef

    BalasHapus
  4. Berarti semakin banyak rejeki mengalir dong mas:). Salam saya...

    BalasHapus
  5. begitu kang hgunawan, "sisi lain" dari produk china..sukses selalu..

    BalasHapus
  6. salam kenal mas nugroho.... semoga anda dan keluarga sehat selalu, tambah terus ilmu dan rezekinya. sukses slalu....

    BalasHapus
  7. Apa kabar Mas Nugroho...?? Mo tanya nie,sy ad TV Sony 21" (Trinitron KV-AZ21M61) 2 fokus. Menggunakan IC laba2 TDA12029H/N1E3F - Regulator STR F6267. Kerusakan mati total,pd rangkaian regulatgor terdapat dioda short (D618). Setelah tak ganti dioda tsb dan jg STR F6267,tv belum bisa jg nyala dan led pun belum nyala. tapi ada bunyi sprti Switch Relay pada STR, kira2 apa nya ya mas. mohon bantuannya mas,sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terima kasih.............

    BalasHapus
  8. salam kenal juga kang HERU.04.
    saya lupa apakah body STR-F6267 terhubung dengan kaki yang mana. kalau dapat kaki yang nyetrum pastinya harus di kasih isolator antara body STR dan pendingin agar tidak konslet.

    BalasHapus
  9. pada body STR sudah dilapisi isolator mas, dan elco 330uF/450v tidak mau mengosongkan muatannya setelah TV dinyalakan. Selain itu utk mengamankan Rangkaian Regulator,sikring sudah sy ganti dgn lampu pijar 60W yg sy pasang secara seri. dan saat TV dinyalakan,lampu pijar nyalanya berkedip2.tp indikator led tetap tdk mo nyala. kira2 apa ya mas ?

    BalasHapus
  10. Salam kenal bos kunjungan pertama tukeran link bos cek di http://arjun-service.blogspot.com/
    tank yu

    BalasHapus
  11. Heru.04: saya sarankan coba kontak master kita yg sering garap sony disini: http://solectv.blogspot.com/

    Arjun Service: salam kenal juga mas. nanti linknya aku pasang.

    BalasHapus
  12. terimakasih bantuan dan informasinya mas nugroho... semoga tambah ilmu dan rezekinya, juga sehat slalu anda dan keluarga....

    BalasHapus
  13. uenak postingane tapi paling uenak nek rusak cuma solderane cuma kendor.suwuuun

    BalasHapus
  14. sering sering yo kang...KIKIKI

    BalasHapus