Rabu, 30 Desember 2009

TV SONY KV-G21P21S MATI TOTAL


Dapat servisan TV Sony type KV-G21P21S. Milik bapak harsono desa Barukan Manisrenggo. Dengan kerusakan mati total, disertai suara ciiitt…ciit…ciit dari rangakian SMPS.
Menurut cerita yang punya, sebelumnya sempat diservice 2x, yang pertama hanya bertahan 3 hari, yang kedua bertahan 1 minggu.
Tv ini memakai ic program type TDA 8375A.
Setelah dibuka, coba lepas beban dari B+110 volt. Teryata suara ciit…ciit.. sudah hilang dan tegangan power supply normal kembali. dicek ditemukan TR Horisontal dalam keadaan short. Ganti dengan type D1877. Rupanya ini menyebabkan beban berlebih pada power supply.
Tidak lupa ganti juga elco pada B+110V yaitu C 100uF/160V, dan C 33uF/160V, agar TR Horizontal awet. Juga beberapa elco kecil2 100uF/25V/35V(lupa catat lokasinya karena sudah malam) pada tegangan 16v dan 24v yang sudah gundul label plastiknya.
Saat dicoba Cling… gambarnya masih OK walaupun tv ini sudah berumur lebih dari 5 tahun.
Alhamdulillah sudah satu bulan ini ok, mudah2 an awet........
Terima kasih
Semoga bermanfaat...

3 komentar:

  1. mas kalau sony trinitron blang warna hijau ada garis2 horisontal suara normal apa yg rusak.terus kalau mau cek pake layar monitor untuk kabel gosingnya apa harus dipasang kalau gk di pasang apa yg akan terjadi? mhn bantuannya trim's

    BalasHapus
  2. coba cek bagian RGB crt, solderan, TR dan R nya, terutama green/hijau. cek juga output dari ic croma. bisa juga CRTnya yg rusak, short katoda G nya. coba cek pakai tegangan dari luar 4-6 Volt/ 1 ampere untuk heater.
    waktu test degaussing harus di pasang, kalau tidak R yg paralel dengannya akan hangus.

    BalasHapus
  3. ok mas baru blz lg.ternyata crt dah shot dan gak bisa ditolong lagi walaupun sudah ditembak berulang kali.mau di ganti crt sony tapi susah didapat kalaw pake crt biasa/monitor bisa gk dan bagian mana yang harus dirubah.mungkin itu saja dulu pertanyaan saya makasih responnya dan sekalian mau tukar link biar lebih akrab dan saya bisa menimba ilmu soalnya saya lagi belajar,link mas udah nongkrong diblog saya trim's atas responnya.

    BalasHapus