Senin, 02 November 2009

SAMSUNG ZOOM VISION MATI TOTAL


Satu pengalaman buat teman2. Servisan kali ini benar2 bikin kantong bolong (bukan kata rano karno lho, hehehe). Samsung zoom vision CS1439Z, milik mas Nardi, Sapen, Manisrenggo. Dalam kondisi mati total, dengan suara denging lumayan keras pada power supply ACmaticnya.
Tv ini menggunakan IC MCU SZM-139, IC CHROMA(1CHIP) m52777SP
Setelah dibuka tutup belakangnya, cek TR HOT type SD1771 dalam keadaan short, segera aku ganti dengan yang baru. Dicoba nyalakan teryata suara denging hilang, nah.......lampu indikator sudah nyala. Saat start ada perubahan nyala lampu, namun tidak ada reaksi apapun pada layar maupun suara, ada apa ini?
Cek teg pada basis TR HOT tidak ada. Catatan: kalo aku pakai led untuk mengetahuinya, dipasang pada basis dgn ground, posisi TR HOT dilepas. semua tr driver sebelum trafo normal, komponen lain seputar IC CHROMA(1CHIP) jg tidak ditemukan kejanggalan. akhirnya ak coba ganti IC m52777sp dan nyalakan bisa nyala, matikan ... coba pegang heat sink TR Horizontal teryata panas sekali tidak normal, diduga FBT nya rusak nih. Coba ganti FBT bekas tapi ok type FCK14A033.
Coba lagi........bisa nyala tapi kok tidak ada siaran yang nyangkut, tegangan tuner normal coba ganti tuner type TELE 1-002A. Searching otomatis, bisa nangkap siaran. Ooo......berarti memang benar tunernya rusak.
Namun gambar kok tidak fokus, coba bersihkan bagian dalam soket CRTnya(fokus). Gambar bisa fokus lagi. Alhamdulillah akhirnya kelar juga. Di total biayanya jadi banyak, tapi kata yang punya ndak apa-apa, eman2 karna TV pemberian orang tua.
Terima kasih

8 komentar:

  1. tv tua memang gitu, kerusakan merembet kemana-mana

    BalasHapus
  2. betul kang, borongan rusaknya..kadang bikin mumet..

    BalasHapus
  3. walah walah rusak kok rombongan yo,gek sing nyopiri sopo kui? mangsudnya biang kerusakane njaluk di jites kui

    BalasHapus
  4. maklum kang, ws umur dadi ringkih...

    BalasHapus
  5. walaopun kantongnya pemilik bolong yg penting TV hidup dan normal. hehehe ....

    BalasHapus
  6. betul kang sawali...ws kadung cinta...hehehhe

    BalasHapus
  7. mas kalau tv rakitan gambar jelas tapi warnanya merah semua semua

    BalasHapus
  8. Siang mas Nugroho.salam kenal,Maaf nich aku mo nanya barang kali ada petunjuk Aku sebagai Service pemula yg masih perlu banyak support dari teman2,aku punya Service TV Samsung 21 inc:rusaknya Dilayar nampak garis2 sekitar 10 garis horizontal kondisinya agak miring ke kiri,dan aku putar pengaturan di flyback saat aku putar ke posisi maximal kondisi dilayar lebih terang dan terjadi nampak layar berubah-rubah warnanya kadang agak merah,agak biru,atau putih.Langkah yang pernah aku coba mengganti IC LA7840 & ganti elco yang 100mf 50v di bagian Vertikalnya masih juga.garis-garis mohon petunjuknya aku dah coba Terimakasih.

    BalasHapus